Friday, November 17, 2023

Fokus Saat Sholat Dan Saat Dzikir Khatm Khwajagan

 


Jika ia memasuki rumah itu (tempat diselenggarakannya Khatm Khwajagan--penerj.) ia tidak bisa pergi meninggalkannya, bahkan jika rumah itu akan runtuh menimpa kepalanya! Ini menunjukkan betapa ketatnya para Syuyukh Naqsybandi mengenai hal ini, yakni bahwa apa pun yang terjadi, ia harus menyelesaikan Khatm Khwajagan karena itu adalah hal yang paling penting dalam tarekat ini, untuk dilakukan seminggu sekali atau setiap hari.  


Ia juga tidak boleh melihat ke kanan atau ke kirinya, seperti di dalam Syariah, seseorang harus fokus pada dirinya ketika sedang shalat. 

Shalat yang paling baik adalah ketika kalian tidak memberikan perhatian ke kiri dan kanan kalian, karena kalian sedang berada di antara Tangan-Tangan ar-Rahman. Bayna yadayy ar-Rahman, kalian tidak bisa memberikan perhatian pada orang ini, atau orang itu. Hal itu tidak dianjurkan, meskipun kalian tetap melakukannya.  


Sekarang ini segera setelah orang menyelesaikan shalat sunnah 2 rakaat lalu menunggu Imam untuk memimpin shalat, mereka mengobrol satu sama lain. Jangan mengatakan, "Aku sudah 20 tahun, atau 30 atau 50 tahun di tarekat, tetapi aku tidak melihat apa-apa!" Kalian tidak menjaga adab tarekat, kalian tidak menjaga adab syariah; kalian tidak menjaga adab terhadap Syekh, terhadap Nabi (saw) dan kepada Allah (swt), jadi apa yang kalian harapkan?


~Mawlana Shaykh Hisham Kabbani

No comments:

Post a Comment